Minggu, 07 April 2013

Masuki Fase Prestatif Kontributif, PPSDMS Regional III dan IV Gelar Latgab #2




Yogyakarta, 6 -7 April 2013 – Derasnya hujan yang mengguyur Yogyakarta dalam akhir pekan ini seolah menjadi sebuah pemantik bagi peserta PPSDMS Regional Yogyakarta dan Surabaya dalam memasuki fase prestatif kontributif. Shelter ACT (Aksi Cepat Tanggap), Kaliurang menjadi saksi Latihan Gabungan Wilayah Timur yang kedua untuk PPSDMS angkatan 6 wilayah timur. Puluhan mahasiswa dari UGM, UNAIR, dan ITS yang tergabung dalam 3 regional, yakni regional III Putra, regional III Putri, dan regional IV mengikuti acara tersebut. Para peserta mulai berdatangan ke lokasi acara sejak Jumat sore meskipun ada yang sampai Sabtu pagi ada beberapa rombongan dari Surabaya yang baru datang.

Shalat tahajud mengawali kegiatan di hari Sabtu. Peserta jam 03.30 sudah dibangunkan untuk bersama-sama mengikuti shalat. Dilanjutkan dengan Shalat Shubuh berjamaah dan kultum oleh Akief Alfatih Mahasiswa Ilmu Politik UNAIR, tentang pentingnya sebuah substansi dalam bertindak termasuk dalam mengikuti masa pembinaan di PPSDMS. Acara Latihan Gabungan # 2 Wilayah Timur ini baru dibuka sekitar pukul 08.00 oleh Bang Adi Wahyu Adji sebagai Manajer Program PPSDMS Nurul Fikri. Prosesi pembukaan ini berjalan dengan khidmat dengan diawali menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mars PPSDMS, pembacaan Idealisme Kami, dan diakhiri dengan menyanyikan Hymne PPSDMS. 

Agenda pertama adalah Kajian Islam Kontemporer yang langsung diisi oleh Ust. Musholli yang merupakan Direktur PPSDMS Nurul Fikri. Dimoderatori oleh Muhammad Luthfi Firdaus Mahasiswa Psikologi UGM, Ust. Musholli mengajak para peserta mendalami Q.S. Attaubah ayat 38-43.  Dalam kesempatan itu Beliau juga menyampaikan kegelisahannya pada kondisi ummat Islam saat ini Yng mudah terpecah belah hanya karena perbedaan pendapat. Inilah problematika ummat saat ini, yakni menemukan titik temu untuk kembali bersatu padu. Maka dari itu sudah saatnyalah kita sebagai ummat islam untuk membangun soliditas, loyalitas, dan kontribusi sejak saat ini. Usai KIK, Ust. Musholli juga menyampaikan penghargaan kepada peserta terbaik I Nasional semester 1 ini yang diraih oleh Ilham Azmy, Mahasiswa  Teknik Material dan Metalurgi ITS. 
KIK Bersama Ust. Musholli

PPSDMS Putra dengan Tim ACT

PPSDMS Putri dengan Tim ACT

Ketiga Presiden Asrama : (dari kiri) Abdul Hafizh Asri - R3 Jogja Putra, Frendy Prayoga - R4 Surabaya, dan Aulia Latifah- R3 Jogja Putri


Siang hari sampai sore diisi dengan observasi social yang kali ini terbagi dalam 4 kelompok yang masing-masing harus mengunjungi tempat yang berbeda-beda. Keempat lokasi tersebut adalah Desa Sukunan, Jogokariyan, Yayasan Yaketunis, dan Desa Badegan. Segmen ini diharapkan sebagai trigger untuk menumbuhkan sinyal-sinyal kepekaan social dan lingkungan yang akan memantik sebuah aksi kontribusi. Untuk malam harinya dilanjutkan dengan Diskusi Pasca Kampus oleh Pak Eko Agus Suyono dari LPPM UGM. Dengan moderator Dzikri Asykarullah Mahasiswa Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan UGM, Pak Eko menyampaikan materi Working With Community sebagai modal peserta untuk mengawali fase prestatif kontributif kedepan.

Ahad pagi peserta dimanjakan dengan kegiatan senam pagi dan permainan kecil di kawasan Kaliurang yang tentunya menawarkan pemandangan dan kesejukan yang luar biasa. Peserta tampak antusias dan semangat mengikuti sesi ini hingga mereka mau berbasah-basahan dalam permainan perang-perangan yang disiapkan panitia. Dilanjutkan dengan presentasi hasil observasi social dan presentasi community development dari masing-masing regional. Cukup menarik dan variatif presentasi yang disampaikan, diawali dengan PPSDMS Regional III Putri dengan Qukis (Quran untuk Kita Semua) KlabananBerdaya-nya, PPSDMS Regional III Putra dengan 4 program supernya di Kampung Ngabean Kulon dan PPSDMS Regional IV dengan Kelas Matahari-nya.  Memasuki sesi selanjutnya yakni Dialog Tokoh,  panitia menghadirkan Pak Ahyudin yang merupakan Presiden ACT (Aksi Cepat Tanggap). Bersama moderator Ahmad Jilul Q.F Mahasiswa Hubungan Internasional UNAIR, Pak Ahyudin menularkan virus-virus kerelawanan kepada pesert PPSDMS. Diawal beliau memaparkan kalau segmen kerelawanan adalah segmen yang tidak menarik, tapi Beliau juga menegaskan Gerakan Kerelawanan adalah sesuatu yang penting dan urgensi karena ini merupakan sebuah aksi nyata untuk menjawab problem kemanusiaan melalui pemberdayaan masyarakat sipil. Sesi ini menantang peserta PPSDMS untuk menjadi pribadi yang bukan hanya prestatif secara personal namun juga berani berkontribusi terhadap orang banyak. Dalam kesempatan itu seluruh peserta yang dipimpin masing-masing Presiden Asrama juga mendeklarasikan "Ikrar Siap Berkontribusi" sebagai simbolisasi kekuatan tekad mereka untuk berkontribusi.


Sesi terakhir adalah kepatah kata dari Manajer Bidang Program, Bang Adi Wahyu Adji. Beliau kembali menegaskan kalau masa pembinaan PPSDMS sudah memasuki fase prestatif kontributif. Regional diharapkan memberikan kontribusi terbaiknya melalui community development di masing-masing wilayahnya. Dilanjutkan dengan penampilan Haflah dari masing-masing regional yang sebelumnya diakhiri dengan Penutupan Latgab#2 Wilayah timur. “ Alhamdulillah, latgab telah usai, selamat berprestasi dan berkontribusi semoga kita masih bisa dipertemukan di NLC 2013 “ Pungkas Bang Adji menutup Latgab# 2 Wilayah Timur sore itu. [Phisca AR]






0 komentar:

Posting Komentar