Minggu, 14 Oktober 2012

Strategi Pasca Kampus : Ngobrol Tentang Bisnis Bareng CEO Suitmedia


Mahasiswa dikenal memiliki ide dan gagasan yang cemerlang. Banyak diantara mereka yang memanfaatkan kecemerlangan ide-ide mereka itu untuk memulai usaha dan bisnis mereka. Salah satunya adalah Bang Fajrin, Mahasiswa peraih IPK 4 Teknik Informatika ITB angkatan 2004. Mahasiswa yang juga merupakan alumni PPSDMS regional II Bandung angkatan III ini memang telah makan garam dengan dunia berwirausaha. Inilah yang disharekan dalam Diskusi Pasca Kampus Ahad malam (14 Oktober 2012). Bertempat di Asrama Putra PPSDMS Regional Yogyakarta, Bang Fajrin berkesempatan silaturahmi dan berdiskusi bersama teman-teman PPSDMS Regional III Putra dan Putri.


Dimoderatori oleh Puji Utomo, mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan UGM 2010, Diskusi Pasca Kampus dimulai sekitar pukul 20.00 WIB. Mengawali diskusi kali ini, Bang Fajrin menyampaikan berbagai pencapaiannya yang akan ditempuh pasca kuliah. Diantarannya adalah pertukaran pelajar, membangun karier profesional awal, melanjutkan S-2, Karier Profesional lanjur, karier top level, mendirikan usaha, akademisi/dosen. Namun dalam perjalanannya memang tidak saklek sesuai dengan perencanaan awal. Dengan beberapa pertimbangan dari partner beliau, akhirnya beliau memutuskan setelah membangun karier profesional awal langsung mendirikan usaha. Hal ini juga karena melihat kesempatan dan peluang kedepannya.

Berbicara tentang dunia usaha, Bang Fajrin menyampaikan beberapa motivasi mayoritas orang melakukan aktivitas wirausaha, diantarannya adalah waktu kerja flexibel, budaya kerja flexibel, kesempatan untuk meningkatkan pendapatan, kesempatan mengatur waktu, gaji. Namun menurut hemat beliau beberapa alasan tadi belum tepat, harusnya alasan berwirausaha adalah melakukannya untuk memberikan kemanfaatan kepada masyarakat sekitar.

Lalu apa yang harus disiapkan para mahasiswa yang akan memulai membangun bisnisnya? Bang Fajrin menyampaikan 4 poin yang harus diupayakan untuk merintis sebuah bisnis. Berawal dari munculnya sebuah ide tentang bisnis yang akan dirintis, kemudian tentu untuk membuat sebuah sistem kerja yang baik, kita memerlukan tim yang solid dan dapat saling percaya. Dalam mengembangkan tim kerja yang ideal ada tips dari Bang Fajrin yang terangkum dalam 4C, yakni : commitment, character, capacity/competency, compatibility/chemstry. Kemudian modal juga menjadi hal yang tak kalah penting sebelum kesemua itu dieksekusi menjadi sebuah usaha yang siap dirintis.

Terakhir beliau menyampaikan masukan untuk memulai usaha berdasarkan apa yang telah Beliau jalani selama merintis berbagai usahannya. tentukan strategi (tetapi terbuka akan peluang), mencari pengalaman sebanyak mungkin (riset pasar, terlibat dalam usaha, mengikuti perlombaan), cari rekan dari sekarang, cari mentor. Dan yang juga tak kalah penting dalam menjalani usaha itu kita harus memperoleh 3 hal yaitu keamanan, kenyamanan, kebebasan. Sehingga kita akan enjoy menjalani usaha kita. Itulah tips dari seorang CEO suitmedia yang mungkin bisa dijadikan referensi kita dalam memulai usaha kita, apapun itu usahannya. [Phisca AR]


0 komentar:

Posting Komentar