Sabtu, 24 November 2012

Regional Yogyakarta-Surabaya Gelar Latgab Timur di UGM



16 - 18 November 2012 – Yogyakarta kembali menjadi saksi dalam perhelatan Latihan Gabungan (Latgab) kawasan timur PPSDMS Nurul Fikri seperti tahun-tahun sebelumnya. Tidak tanggung-tanggung, tahun ini Latihan Gabungan diselenggarakan bersama tiga regional sekaligus, berbeda dengan tahun lalu yang hanya dua regional saja. Untuk tahun ini Latgab timur diikuti oleh peserta PPSDMS Nurul Fikri Regional III Putra Yogyakarta, Regional IV Surabaya, dan ditambah dengan regional baru yakni Regional III Putri Yogyakarta. Hal ini menyebabkan pelaksanaan yang selama ini di Asrama Putra Yogyakarta harus dipindah ke Kompleks Gedung Fakultas Peternakan UGM untuk mengakomodir jumlah peserta yang tentu lebih banyak.

Peserta PPSDMS Regional IV Surabaya tiba di Yogyakarta sekitar pukul 14.00 setelah melakukan perjalanan dari Surabaya dengan menggunakan kereta api. Sesampainya di asrama putra, mereka beristirahat sejenak sebelum pelaksanaan Latihan Gabungan dimulai. Sekitar pukul 15.30 semua peserta dimobilisasi menuju Kompleks Gedung Fakultas Peternakan UGM untuk memulai pelaksaan Latihan Gabungan. Sesampainya disana, para peserta dikondisikan dan diberikan berbagai arahan terkait Latihan Gabungan.

Tepat pukul 20.00 akhirnya pembukaan digelar dengan dihadiri Ust. Musholli selaku Direktur PPSDMS, Pak Waziz Wildan selaku Ketua Asrama Regional III Putra, dan Pak Albari selaku salah satu Dewan Penyantun PPSDMS. Diawali dengan pembacaan tilawah oleh Albistamy Mosadi Putra dilanjutkan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars PPSDMS dengan dirigen Dwi Wahyu Arun Darmawan. Sambutan yang pertama oleh Bapak Waziz Wildan selaku Ketua Asrama Regional III Putra. Dalam sambutannya beliau menyampaikan selamat datang bagi Peserta PPSDMS Regional IV di Yogyakarta. “ Pemimpin itu harus peka dan konsen terhadap kondisi sekitarnya “ Tandasnya. Acara langsung dibuka oleh Direktur PPSDMS, Drs. Musholli. Dalam sambutannya, Drs. Musholli menyampaikan kegelisahannya terhadap kondisi Indonesia saat ini. Indonesia yang notabene merupakan negera dengan umat muslim terbesar di dunia belum mampu menunjukkan kejayaan yang dilandasi dengan karakter Islam yang terrefleksikan dalam kehidupan keseharian. Harapannya PPSDMS menjadi jawaban dan solusi atas permasalahan itu.

Setelah acara pembukaan tersebut, dilanjutkan program pertama yaitu Kajian Islam Kontemporer oleh Ust. Musholli. Kemudian masih banyak lagi program-program yang memang dipersiapkan untuk para peserta PPSDMS kawasan timur selama 3 hari tersebut (Jumat 16 November 2012 - Ahad 18 November 2012). Program-program tersebut adalah Fieldtrip, Workshop “Mindset of Leadership” bersama Walikota Kota Yogyakarta 2 periode Harry Zudianto, Sharing Alumni yang dikonsep santai dengan Angkringan khas Jogja, Dialog Kebangsaan bersama Jenderal (Purn) Endriartono Sutarto dan Training Pengembangan Diri bersama Ust. Fatan Fantastik serta masih banyak lagi. Latihan Gabungan selesai sekitar pukul 17.00 WIB dengan diakhiri prosesi penyerahan kenang-kenangan dari Regional Surabaya ke Regional Yogyakarta. Selain untuk menumbuhkan ukhuwah diantara peserta PPSDMS dari ketiga regional, acara tersebut juga dimaksudkan untuk menambah pemahaman dan menyiapkan peserta untuk menjadi pemimpin masa depan. Menjadi solusi terhadap krisis kepemimpinan di negeri ini tak lain untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik dan bermartabat. [Phisca AR]

0 komentar:

Posting Komentar