Minggu, 16 September 2012

Pahami Epistemologi Islam, PPSDMS Jogja Gelar Diskusi

Jumat, 14 September 2012 – PPSDMS Regional Yogyakarta Putra menggelar Diskusi Epistemologi Islam. Diskusi kali ini menghadirkan Ketua Jamaah Shalahuddin UGM periode 1425 H, Bang Miftahul Huda. Bertempat di ruang utama asrama putra, hampir semua peserta PPSDMS hadir dan turut berpartisipasi. Dengan dimoderatori oleh supervisor asrama, mas Aqil diskusi dimulai sekitar pukul 20.15 tepat.
Mengawali pembicaraan, Bang Miftah membuka sebuah pengantar tentang kondisi masyarakat saat ini yang seolah terkesan tanpa kelas, adanya tawaran-tawaran ideologi yang belum tentu kesemuannya itu baik. Dalam kondisi inilah perlunya memahami lebih mendalam epistemologi Islam adalah sebuah hal yang urgensi. Hal ini tak lain adalah untuk kita menjaga ideologi dan karakter Islam yang melekat dalam diri kita. Beliau menyampaikan bahwa ideologi adalah sebuah rumusan menyeluruh tentang apa yang akan dicapai, termasuk apa yang haris dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Secara esensi, ideologi adalah suatu hal yang menawarkan pada pengikutnya menuju keselamatan.
Bang Miftah juga menyampaikan bahwa belajar epistemologi adalah belajar mengkritisi kearifan teoritis ke arah akar-akarnya. Epistemologi melahirkan sebuah paradigma yang nantinya paradigma akan menghasilkan sebuah ideologi. Jika dirunut secara bahasa, epistemologi berasal dari 2 kata. Espisteme yang berarti pengetahuan dan logos yang berarti perkataan, pikiran dan ilmu. Sehingga dapat diambil sebuah definisi epistemologi adalah ilmu yang mempelajari teori tentang ilmu. Epistemologi sebagai tangga untuk mencari kebenaran mempunyai ruang lingkup diantarannya : apa yang bisa diketahui? Alat yang bisa digunakan untuk mencari, dan apa metode yang digunakan?
Diakhir diskusi Bang Miftah menyampaikan cara mengetahui kebenaran menurut Ibnu Taimiyah. Ada beberapa cara diantarannya adalah dengan melihat sendiri, dengan melihat yang mirip, dan dengan mengetahui dari kabar orang yang kita percayai. Diskusi epistemologi Islam insya Allah menjadi kegiatan rutin bulanan bagi peserta PPSDMS Regional III Putra Yogyakarta. [Phisca AR]

0 komentar:

Posting Komentar