Sabtu, 05 Januari 2013

KSIT PPSDMS Yogyakarta : Sejarah Pergerakan Zionis di Palestina

Pada program kali ini pertama kali dilakukan pembukaan oleh saudara kami, yaitu Albistamy Mosadi Putra, Mahasiswa Fakultas Kedokteran 2011. Kemudian dilanjutkan pada pembacaan ayat suci Al-Quran oleh saudara Abdul Hafizh Asri, Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis 2011. Surat yang dibaca adalah Surat Al-Fath ayat 1-10. Tema yang diangkat pada KSIT Spesial kali ini adalah “Sejarah Pergerakan Zionis di Palestina”. Acara pada sore kali ini dipimpin oleh Azzam Ghozi Ahmad mahasiswa Fakultas Geografi 2011, Ketua Jamaah Mahasiswa Muslim Geografi. 



Dalam kesempatan kali ini, Bapak Agung berpesan bahwa kita harus banyak bersyukur pada Allah, karena Allah adalah zat yang mengatur segala masa, baik masa kebaikan, masa keburukan, masa kemajuan, dan masa kemunduran pada setiap manusia, bangsa. Hal ini Allah lakukan untuk menguji siapa-siapa saja orang yang beriman, dan Allah dapat menjadikannya sebagai orang yang syahid àJ. Dalam kesempatan ini pula, Bapak Agung menjelaskan bahwa kejadian-kejadian yang terjadi, adalah menggambarkan adanya pasang surut yang terjadi pada ummat Islam, karena sebab-sebabnya yang sudah menjad takdir dari Allah. Peradaban Islam telah berkembang pertama di Andalusia, kemudian menuju Cordoba, dan Granada. Hal ini sebagai bukti bahwa ummat Islam mengalami pasang surut. Rekonkista adalah kejadian yang disebabkan dengan adanya raja-raja kecil yang kemudian menjadikan hilangnya peradaban Islam. 

Hilangnya peradaban Islam menyebabkan adanya dampak pada generasi muda saat ini. Turki Ustmaniyah adalah khalifah terakhir yang kemudian runtuh. Di Madinah, Rasulullah mulai mengenal kaum Yahudi, dan di sinilah pertama kali kita dapat membaca bagaimana cara politik Rasulullah dalam melawan Yahudi. Di negeri ini, Rasulullah membaca kondisi masyarakat yang ada di Madinah. Di madinah, Rasulullah berhubungan dengan Bani Qaynuqqah (para demonstran pertama saat kemenangan Rasulullah di Badar)à menyebabkan penganiayaan muslimah di pasar. Rasulullah juga berhubungan dengan Bani Quraydah, dan Bani Nadhir (semuanya melakukan makar, namun Rasulullah memberikan perlakuan yang berbeda-beda). Bani Quraisy tidak diusir oleh Rasulullah, karena Rasulullah memberikan kesempatan untuk masuk Islam.

Bani Israil sudah lama mengalami invasi, penaklukan, dan perbudakan. Hal ini terbukti dengan banyaknya bangsa-bangsa yang menjadikan bani Israil seperti bangsa Assyria, Babylonia, Persia, Yunani, Mesir, serta Romawi. Bani Israil merekam secara lengkap setiap peristiwa kemalangan yang pernah mereka hadapi. Catatan sejarah Bani Israil dilakukan sejak 1000 tahun sebelum kelahiran Nabi Isa. 1600 tahun adalah tahun-tahun saat Bani Israil tidak dapat merasakan adanya kemenangan, ketenangan. Empat kota suci yahudi, yaitu Safed, Tiberias, Jerusalem, dan Hebron.
Babak kehidupan Yahudi, 637-1099 = Khilafah Rasyidin hingga Perang Salib; 1099-1291 = pembataian dan perusakan thdp komunitas yahudi oleh crusader; 1291-1516 = era mamluk terjadi awal komunitas yahudi lahir yang melarikan diri dari eropa, dan 1516-1947 = era osmanli terus terjadi arus kembalinya yahudi dari eropa. Perang salib menjadi bagian penting dalam mempelajari perkembangan kaum yahudi. Pada tahun 1291 para crusader dipukul mundur,namun kaum yahudi mulai mengatur rencana untuk mengambil tanah palestina dari kaum muslim. Kegagalan perang salib, yang mana perang salib terdiri atas 8 babak. Perang salib ke 4 adalah perang memperebutkan Orthodox di konstantinopel. Pada tahun 1099-1291 kaum yahudi tidak nyaman dengan konsidi eropa yang saat itu sedang terjadi perang salib. Ciri khas Aliyah 1, yaitu adanya bantuan ummat muslim untuk membantu eksodus yahudi dari Eropa, tepatnya Andalusia. Ciri khas Aliyah 2, yaitu yahudi dari Rusia pindah ke palestina, dan sudah terorganisir. Aliyah 2 membangun pemikiran Yahudi untuk bangkit dan membangun gerakan bawah tanah, seperti yang terkenal Zionisme. Pada tahun 1880, adalah pertama kali munculnya partai Zionisme. Zionis adalah orang-orangnya sekuler yahudi. 

T.E. Lawrence adalah agen yang disusupkan oleh Inggris untuk memecah belah Ummat Islam dengan mengirimnya pada Syarif Husein bin Ali. Hal ini digunakan dengan memecah belah untuk melawan pada Turki Ustmani. Untuk pertama kalinya Madinah terhubung dengan Damaskus melalui rel kereta api, dan ini terjadi ketika zama Turki Ustmani (railway madinah).
Jewish national foundation adalah yayasan yang sengaja didirikan oleh yahudi untuk mengumpulkan uang dengan cara paksa.
Aliyah 3, prosesnya adalah setiap yahudi yang masuk, akan dipersenjatai dan diletakkan di daerah asalnya.
Sejarah yahudi adalah perjalanan panjang, yang menyimpan cerita sejarah dari zaman-zaman yang ribuan tahun. [ Abrory Agus C.P]

0 komentar:

Posting Komentar